Selasa, 09 Mei 2023

Jagalah Istrimu Dari Api Neraka

Menjaga istri dari sengatan api neraka.




Kewajiban paling besar dari seorang suami terhadap istrinya adalah menjaga istrinya agar selamat dari api neraka. Berikut ini ayat Al-Qur’an terkait dan beberapa penjelasan dari hadits yang terkait.

Allah ta’ala berfirman: 

“Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu dan ahli keluargamu dari api neraka.” (At Tahrim: 6)

“Perintahkanlah keluargamu agar melakukan shalat.” (Thaha: 132)

Berikut ini beberapa hadits yang menyatakan kewajiban suami menjaga istrinya: 

Dari Ibnu Umar dari Nabi saw bahwa Rasulullah bersabda: “Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang imam yang memimpin manusia adalah pemimpin dan ia bertanggung jawab atas rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dalam mengurusi ahli keluarganya. Ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang istri adalah pemimpin dalam rumah tangganya dan bertanggung jawab alas keluarganya. Seorang hamba adalah pemimpin dalam mengurus harta tuannya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Seorang laki-laki itu adalah pemimpin dalam mengurusi harta ayahnya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Jadi setiap kamu sekalian adalah pemimpin dan setiap kamu harus bertanggung jawab atas yang dipimpinnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Nabi saw bersabda yang bermaksud: “Takutlah kepada Allah dalam memimpin istri-istrimu, karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang berada di sampingmu, barangsiapa tidak memerintahkan shalat kepada istrinya dan tidak mengajarkan agama kepadanya, maka ia telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Diceritakan bahwa Rasulullah bersabda yang bermaksud: “Tidak ada seseorang yang menjumpai Allah swt dengan membawa dosa yang lebih besar daripada seorang suami yang tidak sanggup mendidik keluarganya.”

Rasulullah saw bersabda, yang artinya: 

“Pertama kali perkara yang dipertanggungjawabkan kepada seseorang di hari kiamat adalah keluarganya (yakni istri) dan anak-anaknya. Mereka berkata, ‘Wahai Tuhan kami, ambillah hak-hak kami (tanggung jawab) kami dari orang ini, karena sesungguhnya dia tidak mengajarkan kepada kami tentang urusan agama kami. Ia memberi makan kepada kami berupa makanan dari hasil yang haram, dan kami tidak mengetahui.’ Maka orang itu dihantam (disiksa) lantaran mencari barang yang haram, sehingga terkelupas dagingnya, kemudian dibawa ke neraka.” (Al-Hadits)

Ibnu Abbas berkata: 

“Berilah pengetahuan agama kepada mereka dan berilah pelajaran budi pekerti yang bagus kepada mereka.”

Dari uraian ayat dan hadits di atas nampak bahwa seorang suami yang gagal mendidik istri dan anak-anaknya akan mendapat masalah besar di akhirat kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar