Senin, 10 April 2023

Mendengarkan muratal Saat Haid



Seorang muslimah yang sedang haid atau nifas dilarang membaca dan menyentuh mushaf. Tentu jauh dari Al-Qur’an rasanya tidak enak bagi muslimah yang telah terbiasa dekat dengannya. 

Kendatipun tak boleh menyentuh Al-Qur’an, wanita haid masih boleh mendengarkan bacaan Al-Qur’an, baik melalui kaset maupun dibaca oleh orang lain secara langsung. Jika wanita haid tidak dapat membaca Al-Qur’an maka hal yang dapat dilakukan ialah mendengarkan Al-Qur’an melalui kaset, radio atau pun MP3 beserta artinya. Amalan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bisa dilakukan saat memasak, membersihkan rumah, saat dalam perjalanan dan kegiatan lainnya. Agar hati tak gersang dan kosong perbanyaklah mendengarkan ayat-ayat dalam Al-Qur’an. 

Menurut beberapa penelitian mendengarkan Al-Qur’an terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang mendengarkannya. Mendengarkan Al-Qur’an juga mampu mengasah ingatan otak dan membiasakan telinga mendengarkan hal yang baik. Sehingga wanita yang sedang haid saat berpuasa masih bisa mengerjakan kegiatan sehari-hari dan mendapatkan pahala.

Hal ini juga dapat meningkatkan kinerja otak. Karena Al-Qur’an yang didengarkan secara berkala dapat mengasah otak kita. Serta menambah hafalan kita. Tak ada kerugian saat kita mendengarkan muratal dan menghafalkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar