Minggu, 09 April 2023

Keutamaan Merawat Orang Tua daripada Berjihad



Anak lelaki satu-satunya dalam keluarga lebih diutamakan untuk menjaga orang tuanya daripada pergi berjihad.

Pernah seorang sahabat radhiyallahu ‘anhu, yaitu Jaahimah, datang kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam kemudian berkata : “Wahai Rasulullah, saya ingin (berangkat) untuk berperang, dan saya datang (ke sini) untuk minta nasihat pada anda.” Maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Apakah kamu masih memiliki Ibu?” Berkata dia : “Ya.” Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam : “Tetaplah dengannya karena sesungguhnya surga itu di bawah telapak kakinya.” (HR. Nasa’i dan Ahmad)

Dalam hadits lain juga disebutkan bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meminta ijin kepadanya untuk ikut berjihad. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepadanya : “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” Dia menjawab : “Ya.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya : “Berjihadlah (dengan berbakti) pada keduanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Merupakan salah satu sebab keridhaan Allah

Rasulullah Shalallahu’Alaihi Wassallam bersabda : “Keridhaan Rabb (Allah) ada pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Rabb (Allah) ada pada kemurkaan orang tua.” (HR. Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar