Kamis, 09 Maret 2023

Al-Idris



Al-Idris (wafat pada tahun 1154) adalah seorang ahli peta bumi, membuat peta bumi dan globe dengan dilengkapi dengan penjelasan tentang penggunaan kompas. Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad al-Idrisi al-Qurtubi al-Hasani al-Sabti. Ia lahir di Afrika Utara Ceuta (Sabtah) yang termasuk bagian Kekaisaran Murabitun. Al-Idris merupakan keturunan para penguasa Idrisiyyah di Maroko, yang merupakan keturunan Hasan bin Ali, putra Ali dan cucu Nabi Muhammad.

Al-Idris muda mengembara ke Spanyol, Portugal, Perancis, dan Inggris. Dia mengunjungi Anatolia saat ia baru berusia 16 tahun karena terjadinya konflik dan ketidakstabilan di Andalusia. Dia kemudian bersama orang-orang sezamannya menyatu di Sisilia, di mana bangsa Normandia telah menundukkan bangsa Arab yang dulunya loyal kepada Kekhalifahan Fatimiyah.

Al-Idrisi menggabungkan pengetahuan dari Afrika, Samudera Hindia, dan Timur Jauh yang dikumpulkan para penjelajah dan pedagang Islam dalam bentuk peta Islam, dan juga dari informasi yang dibawa oleh pelayar-pelayar Normandia untuk membuat peta paling akurat di dunia pada masa pramodern, yang diletakkan sebagai ilustrasi Kitab Nuzhat al-Mushtaq miliknya, (Latin: Opus Geographicum) diterjemahkan “Hiburan untuk Manusia yang Rindu Mengembara ke Tempat-Tempat Jauh.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar