Kamis, 08 Juni 2023

Keberadaan Khidir AS

Keberadaan Khidir AS




Ada sebagian orang yang menyebut dirinya pernah berjumpa dengan beliau di alam, riwayat lain dikatakan, Nabi Khidir AS itu dulunya pernah meminum air kehidupan abadi. Ibnu Abbas berkata, “Barang siapa meminum air kehidupan, ia akan hidup sampai hari kiamat”, tapi sayang, tidak disebutkan dimana letak air abadi tersebut. Diceritakan, “Apabila bangkai terkena air kehidupan tersebut maka hiduplah dia.” 

Hal ini terbukti sewaktu Nabi Musa AS mencari Nabi Khidir AS, Nabi Musa AS membawa ikan yang sudah mati, sebagian riwayat mengatakan ikan asin. Entah berapa lamanya, lalu Nabi Musa AS beristirahat di sebuah batu besar, dan ternyata di situ ada air, maka Nabi Musa AS mengambil wudlu untuk melaksanakan sholat, namun tanpa diduga, ikan mati yang dibawa Nabi Musa AS tadi terkena oleh air percikan wudhu Nabi Musa AS, lalu dengan seketika melompatlah ikan tadi dari kantongnya. Nabi Musa AS terkejut, berarti di sinilah Nabi Musa AS akan bertemu dengan Nabi Khidir AS. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Nabi khidir AS masih hidup sampai sekarang ini, yaitu : 

  1. Karena dulu, saat Nabi Adam AS sebelum meninggal, akan terjadi suatu angin taufan, lalu Nabi Adam AS mewasiatkan kepada anaknya untuk membawa jasadnya ke tempat khusus. Siapa yang mengurus jasadnya akan didoakan umur yang panjang, dan yang mau mengurus jasad Nabi Adam AS adalah Nabi Khidir AS. 
  2. Karena dulu Nabi Khidir AS itu telah meminum air kehidupan, di dalam suatu tafsir An-Nasafy menyebutkan, “Bahwa Rasulullah SAW bersabda, ada seorang anak dari Sam bin Nuh AS telah meminum air kehidupan, lalu ia dapat hidup lama.” Maka pergilah Raja Zulkarnain bersama Nabi Khidir AS, untuk meminum air kehidupan. Namun yang berhasil meminumnya adalah Nabi khidir AS, sedangkan Raja Zulkarnain tidak berhasil menemui air kehidupan tersebut. 
  3. Di dalam Kitab Shahih Muslim, Abu Said Al Kudry berkata, “Telah bercerita baginda Rasulullah SAW tentang Dajjal, bahwa Dajjal datang di pinggir kota, lalu keluarlah seorang pemuda, dia adalah sebaik-baiknya manusia. Lalu pemuda itu berkata kepada Dajjal, “Aku bersaksi bahwa engkaulah Dajjal yang diceritakan kepada kami oleh Baginda Rasulullah SAW.” Di dalam Hadist itu Dajjal berkata, “Apakah kamu percaya padaku bahwa aku adalah tuhan, sekiranya aku bunuh lelaki ini dan aku hidupkan kembali.” lalu Said berkata, “Sewaktu mau dibunuh oleh Dajjal, anak ini tidak mati (kebal), dialah yang bernama Khidir” kata Abu Said Al-Qudry. Inilah Hadist Shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. 

Jadi dari 3 faktor ini dapatlah kita jadikan petunjuk untuk membuktikan bahwa Khidir adalah berumur panjang. 

Nabi Khidir AS adalah nabi yang sangat misterius dengan berbagai keistiewaan yang dimilikinya berupa ilmu laduni yang merupakan sebuah kemampuan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Beliau mampu mengetahui hal gaib seketika karena memang semua itu telah ditakdirkan oleh Allah SWT bahwa beliau memiliki kelebihan dibandingkan orang lain. Ketika Musa AS berguru kepadanya, Musa AS mengalami kesulitan dan kebingungan, karena pelajaran yang diberikannya tentang ijma’ dan qiyas. Oleh karena itulah sejak awal Nabi Khidir telah berpesan kepada Nabi Musa AS bahwa Nabi Musa tidak akan bersabar jika mengikuti perjalanan pembelajaran Nabi Khidir. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar