Rabu, 17 Mei 2023

Manfaat Buah Apricot



Plum Armenia atau yang akrab ditelinga kita dengan nama Aprikot merupakan buah yang diyakini bisa menjadi obat panjang umur. Menurut riset para ahli buah imut yang satu ini memiliki kandungan carotenoids yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

Carotenoids adalah salah satu senyawa antioksidan yang sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu, juga dapat mengurangi kadar LDL [kolesterol jahat] dalam darah dan membentengi tubuh kita dari resiko terjadinya kanker ganas.

Inti dari buah apricot terletak pada bijinya. Biji buah apricot sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Fungsinya antara lain untuk memperkuat sistem respirasi, mengurangi batuk dan asma.

Namun dalam mengkonsumsi apricot harus ekstra hati-hati, karena pada ujung biji buah apricot mengandung sejumlah unsur kimia. Dan zat tersebut akan membuat proses penting dalam tubuh kita menjadi tidak seimbang.

Agar tetap bisa mendapatkan manfaat apricot yang lebih maksimal, akan lebih baik jika ujung bijinya dibuang dan jangan lebih dari 5 buah setiap harinya.

Ternyata manfaat apricot untuk kesehatan sudah ditemukan sejak abad ke-17 silam, dahulu warga Inggris menggunakan miyak apricot untuk melawan sel tumor. Meskipun, pada tahun 1980 pihak National Cancer Institute di Amerika menyatakan bahwa laetrile dalam buah apricot merupakan obat penyembuh kanker yang kurang efektif.

Lain lagi cerita di Benua Eropa, disana apricot disebut-sebut sebagai aphrodisiac [makanan pembangkit gairah]. Sastrawan terkenal Wiliam Shakespeare juga pernah menulis buah ini dalam “A Midsummer Night’s Dream”.

Karena kandungan serat pangannya yang cukup tinggi dalam buah apricot juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda diare atau konstipasi. 

Di dunia pengobatan tradisional cina, buah apricot memiliki peran sebagai pembantu terjadinya regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi dan penawar dahaga yang sangat manjur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar