Minggu, 21 Mei 2023

Ibnu Yunus (Ilmuwan Muslim)

Ibnu Yunus



Abu al-Hasan Ali Abi Said Abdul Rahman ibnu Ahmad ibnu Yunus al-Sadafi al-Misri atau Ibnu Yunus merupakan astronom terkenal yang berasal dari Mesir. Ia lahir di Kota Fustat, Mesir antara tahun 950-952 M. Sebagai seorang astronom, Ibnu Yunus melakukan penelitian dan observasi astronomi secara hati-hati dan teliti. Tak heran jika berbagai penemuannya terkait astronomi selalu akurat dan tepat. Karya penting Ibnu Yunus dalam astronomi salah satunya adalah Kitab Ghayat al-Intifa yang berisi tabel bola astronomi yang digunakan untuk mengatur waktu di Kairo, Mesir hingga abad ke-19 M.

Ibnu Yunus diyakini para sejarawan sebagai orang pertama yang menggunakan bandul untuk mengukur waktu pada abad ke-10 M. Ia menggunakan bandul untuk memastikan akurasi dan ketepatan waktu. Dengan begitu, Ibnu Yunus merupakan penemu pertama bandul waktu, bukan Edward Bernard dari Inggris, seperti yang diklaim orang Barat. Tak hanya itu, Ibnu Yunus juga telah mampu menjelaskan 40 planet pada abad ke-10 M. Ia juga telah menyaksikan 30 gerhana bulan. Ia mampu menjelaskan konjungsi planet secara akurat yang terjadi pada abad itu.

Buah pemikiran Ibnu Yunus mampu mempengaruhi ilmuwan Barat, dimana pada abad ke-19 M, Simon Newcomb menggunakan teori yang ditemukan Ibnu Yunus untuk menentukan percepatan bulan. Ibnu Yunus juga telah membuat rumus waktu. Ia menggunakan nilai kemiringan sudut rotasi bumi terhadap bidang ekliptika sebesar 23,5 derajat. Tabel tersebut cukup akurat, walaupun terdapat beberapa error untuk altitude yang besar. Ibnu Yunus juga menyusun tabel yang disebut Kitab as-Samt berupa azimuth matahari sebagai fungsi altitude dan longitude matahari untuk Kairo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar