Rabu, 29 Maret 2023

Pintu surga paling tengah.



Berbakti kepada kedua orangtua adalah jaminannya surga asalkan dalam kerangka yang benar. Seorang datang pada Abu Darda’ dan bertanya, ”Saya beristri dan ibuku menyuruhku menceraikan istriku ini.” Aku berkata padanya,” Saya mendengar Rasulullah saw bersabda, “Orangtua itu bagaikan pintu surga yang paling tengah, maka terserah kepadamu apakah kau buang atau kau gunakan kesempatan itu.” (HR. Tirmidzi)

Wajib menurut perintah orangtua jika alasan menceraikan itu benar. Sebagaimana kisah nabi Ibrahim menyuruh Nabi Ismail untuk mengganti palang pintunya. Ini merupakan bahasa kiasan bahwa Nabi Ismail disuruh menceraikan istri pertamanya karena istri pertamanya banyak mengeluh, tidak bersyukur, tidak menghargai suami, banyak mengadukan keburukan, merasa susah dan macam-macam. Nabi Ibrahim berpesa, “Kalau suamimu datang, sampaikan salamku padanya, dan katakan agar dia mengganti palang pintunya.” 

Setelah bercerai Nabi Ismail menikah lagi dengan seorang wanita shalihah. Saat Nabi Ibrahim berkunjung ke rumahnya istri Ismail mengatakan bahwa keadaannya lapang dan ia banyak bersyukur. Maka Ibrahim berpesan,” Kalau suamimu datang, sampaikan salamku padanya da katakan agar ia memperkokoh palang pintunya.” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar