Kamis, 02 Maret 2023

Khasiat dan amalan surah Al-Waaqi’ah

 


Khasiat dan kegunaan bacaan surah Al-Waaqi’ah banyak sekali, diantaranya sebagai berikut:

  • Barang siapa yang membaca surah Al-Waaqi’ah 14 kali setiap habis shalat Ashar, maka selekas mungkin dikabulkan do’anya oleh Allah swt.
  • Barang siapa membaca 3 kali sesudah shalat Isya dan Subuh, maka ia akan diberi kekayaan oleh Allah dengan pekerjaan yang ringan.
  • Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan terpenuhi hajatnya. Disebutkan dalam kitab Mujarrobat Dairabi Al-kabir, halaman 21:

“Sebagian ulama mengatakan: Siapa yang membaca surah waqi’ah 41 kali dalam satu majlis maka terpenuhilah hajatnya terutama yang berkaitan dengan rizki.”

  • Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan dicintai, disegani dan ditundui oleh semua orang. Bahkan mampu merukunkan kedua orang dalam hal yang halal. Disebutkan dalam kitab Syamsul Maarif, hal 129:

“Termasuk khasiat surah Waaqi’ah ialah bisa menunduk kan semua orang, dicintai semua orang, dan mampu merukunkan kedua orang dalam hal yang halal.”

  • Barang siapa membaca surah Al-Waaqi’ah 41 kali dalam sekali majelis (tetap tidak pindah sebelum mencapai hitungan 41) maka selekas mungkin hajatnya dikabulkan Allah swt terutama dalam hal permintaan rezeki.
  • Barang siapa membaca surah Al-Waaqi’ah 41 kali selama 40 hari berturut-turut tanpa putus satu hari pun, Maka ia akan diberi rizki yang lapang oleh Allah swt tanpa susah payah.
  • Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan mendapatkan keselamatan ketika masuk/sowan pada raja, pembesar negara, pemerintah, mentri, hakim, dll. Imam Ahmad Ali Al Buni berkata dalam kitab Syamsul Maarif, halaman 129:

“Termasuk khasiatnya surah waaqi’ah ialah bisa mendapatkan keselamatan ketika masuk (berkunjung) pada para raja, para mentri, para hakim dan lain sebagainya.”

  • Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan mendapatkan berkah ilmunya, berkah rizkinya, putra-putrinya, dan giat dalam beribadah, sebagaimana kata sebagian guru kita.
  • Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan terusir kefakirannya serta menjadi orang yang kaya raya.

Rasulullah Saw bersabda:

“Siapa yang membaca surah Waaqi’ah setiap malam, maka ia tidak akan tersentuh kesulitan/kefakiran. Surah Waaqi’ah adalah senjata ampuh untuk mendatangkan kekayaan (pesugihan), maka bacalah surah Waaqi’ah dan ajarkan pada anak-anakmu.”

Syeh Ahmad Daerobi dalam kitab Mujarrobat Ad-dairobi Al-kabir halaman 21 mengatakan:

“Ketahuilah olehmu bahwa surah waqi’ah ini memiliki rahasia yang agung, khasiat yang mengherankan, keistimewaan yang luar biasa dalam meraih kekayaan (pesugihan) dan mengusir kefakiran.”

  • Nabi Muhammad saw Bersabda: “Barang siapa yang membaca surah Al-Waaqi’ah setiap malam, maka ia akan diselamatkan dari kemiskinan, dan surah Al-Waaqi’ah itu bila dibaca bisa menyebabkan kaya, oleh sebab itu biasakanlah membacanya dan ajarkan anak-anakmu.”
  • Sesungguhnya sahabat Utsman bin Affan ingin menghadiahkan sejumlah uang kepada Abdullah bin Mas’ud tetapi ia menolak pemberian Utsman bin Affan tadi, kemudian Utsman bin Affan berkata: “Belanjakanlah uang ini untuk anak-anakmu.” Ia menjawab: “Apakah engkau takut mereka akan kekurangan? Sesungguhnya mereka telah aku perintah agar membaca surah Al-Waaqi’ah, karena aku mendengar sabda Nabi saw: Barang siapa membaca surah Al-Waaqi’ah setiap malam maka ia tidak mengalami kekurangan selamanya.”

  • Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan mendapatkan rizki banyak tanpa susah payah (tidak sulit dalam mendapatkannya).

Assayyid Muhammad Haqqi An Nazili dalam kitab Khozinatul Asror halaman 169 mengatakan:

“Siapa yang membaca surah Waaqi’ah, maka Allah memberikan kepadanya rizki yang banyak tanpa susah payah (tidak sulit dalam mendapatkannya).”

  • Barang siapa membacanya setiap habis shalat fardhu, maka ia akan dimudahkan oleh Allah segala urusannya, terutama dalam hal rizki.
  • Bila surah Al-Waaqi’ah ini dibaca di dekat orang yang sedang sakit keras, maka orang yang sakit tersebut insya Allah lekas diberi kesembuhan oleh Allah.
  • Barang siapa yang membiasakan membaca surah Al-Waaqi’ah, maka ia akan selamat/terhindar dari kefakiran (tidak fakir selama-lamanya). Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang membiasakan membaca surah Waaqi’ah, maka orang itu tidak akan fakir selama-lamanya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar