Jumat, 20 Januari 2023

Jadilah Pendengar Yang baik




Menjadi pendengar yang baik

Untuk bisa berhasil dalam hidup bermasyarakat, kita harus bisa menjadi seorang pendengar yang baik, yang bersedia membuka diri kita untuk orang lain, khususnya dengan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara, tanpa interupsi sampai dia selesai berbicara. Mendengarkan adalah suatu hal yang dibutuhkan untuk bisa memahami dengan lebih jelas akan pesan yang dikomunikasikan kepada kita. 

Hal utama yang dibutuhkan untuk menjadi pendengar yang baik adalah dengan menghilangkan atau meminimalkan perasaan negatif atau prasangka terhadap lawan bicara kita. Selain itu juga perlu adanya kemauan untuk selalu melatih kemampuan mendengarkan agar memberikan dampak positif dalam menjalani hidup bermasyarakat.

Dalam interaksi sosial, mendengarkan keluh kesah maupun cerita bahagia dari orang lain akan memberi pengalaman dan warna lain pada suasana hati kita, yang akan membangkitkan empati kita. Dan dengan pengalaman-pengalaman tersebut, pada akhirnya Anda akan semakin mengetahui bagaimana cara memahami pikiran dan perasaan orang lain.

Memahami kondisi orang lain

Untuk bisa memahami situasi maupun kondisi yang dialami orang lain, tentu tidak bisa lepas dari keharusan untuk mampu membayangkan kejadian yang dialaminya. Refleksi keadaan orang lain dapat membuat kita merasakan apa yang sedang dialami orang tersebut, dan akan membangkitkan suasana emosional. Kemampuan dalam membayangkan tersebut menjadi mudah dilakukan manakala kita pernah mengalami kejadian serupa. Semua ini akan memudahkan kita merasakan suasana emosi seseorang manakala menyaksikan kejadian yang berkaitan dengan situasi yang penuh dengan emosi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar