Selasa, 22 Februari 2022

Tata Cara puasa senin dan kamis.





  • Cara puasa senin kamis adalah seperti puasa sunnah pada umumnya. Dan yang perlu diketahui adalah bahwa hari Senin adalah amalan tersendiri, dan hari Kamis adalah amalan tersendiri.

Rosulullah saw bersabda :

"(Pahala) Amalan di angkat pada hari senin dan kamis, maka aku menyukai jika ketika amalanku diangkat aku dalam keadaan berpuasa." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dan ketika ditanya tentang puasa Senin dan Kamis, Beliau juga bersabda khususnya pada hari Senin :

"Hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu (pula) wahyu di turunkan kepadaku." (HR Muslim)

Rosulullah saw tidak mensyaratkan bahwa harus dilakukan pada Senin dan Kamis dan tidak boleh melewatkan salah satu hari tersebut. Akan tetapi Senin adalah amalan tersendiri dan Kamis pun begitu, karena beliau mengatakan bahwa (pahala) amalan diangkat pada hari Senin dan Kamis.


  • Niat puasa senin dan kamis.

Adapun niat adalah niat hendak puasa Senin atau Kamis. Dan niat dilakukan sebelum fajar hari Senin atau Kamis. Dan pada puasa sunnah diperbolehkan niat pada tengah-tengah hari. Diriwayatkan dari 'Aisyah radhiallahu 'anha berkata :

"Ketika Rosulullah sholallahu 'alaihi wasallam masuk kepadaku dan bertanya : apakah engkau memiliki makanan? aku berkata : tidak, beliau berkata : berarti aku puasa." (HR Abu Daud)

Adapun tempatnya niat adalah di dalam hati, dan tidak ada lafadz niat puasa Senin Kamis yang diriwayatkan dari Nabi sholallahu 'alaihi wasallam dan niat dalam ibadah pada umumnya adalah dalam hati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar