Jumat, 03 Maret 2023

Makanan untuk mengatasi penyakit tifus pada balita



Tyhpus adalah penyakit infeksi akut usus halus. Nama lain typhus adalah typhus abdominalis. Penyakit tifus merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Penularan salmonella typhi terjadi melalui mulut oleh makanan yang tercemar. Sebagian kuman akan dimusnahkan dalam lambung oleh asam lambung. Sebagian lagi msuk ke usus halus, mencapai jaringan limpa dan berkembang biak. Kuman-kuman selanjutnya masuk ke jaringan beberapa organ tubuh, terutama limpa,usus dan kandung empedu. Penyakit ini mudah menjangkiti bayi dan balita, karena pada usia ini mereka belum memperhatikan kebersihan. Penyakit ini ditandai dengan demam lebih dari satu minggu dan pada waktu sore dan malam hari, suhu tubuh dapat mencapai 40oC, diare, perut terasa sakit, muntah, lemas, pusing dan lidah terasa pahit sehingga nafsu makan juga berkurang. Demam pada typhus disebabkan karena bakteri salmonella typhi dan endotoksinnya merangsang sintesis dan pelepasan zat pirogen (menimbulkan panas) pada jaringan yang meradang. 

Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup dan minum obat serta memperhatikan pengaturan makanan. Makanan untuk pasien penderita tifus adalah makanan dalam bentuk lunak, mudah dicerna, tinggi protein dan kalori serta cukup vitamin dan mineral. 

Beberapa buah dan sayuran yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tifus antara lain seledri, jambu biji, blewah, wortel, mangga dan semangka.

Berikut ini adalah contoh resep makanan yang bermanfaat untuk mengobati penyakit tifus pada balita: 

Jus semangka seledri

Bahan : 

  • 150 gram semangka 
  • 50 gram seledri

Cara membuat : 

  1. Blender semua bahan
  2. Tuangkan ke dalam gelas
  3. Minumkan pada balita 1 – 2 kali sehari dengan ukuran 1/3 jus ditambah dengan 2/3 air putih untuk sekali minum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar