Rabu, 15 Maret 2023

Keutamaan dan hikmah dzikir Asmaul Husna



Sebaiknya dalam dzikir Asmaul Husna atau dzikir kalimat toyyibah jangan mencari fadhilahnya atau khasiatnya. Ikhlaslah, insya Allah fadhilah atau khasiat dari dzikir tersebut akan muncul dengan sendirinya. Pertolongan Allah akan datang secara ajaib bila Anda benar-benar total menyerahkan diri kepada Allah. Sekali lagi jangan cari keajaiban Asmaul Husna. Berdzikirlah untuk mengenal dan mencari ridhanya, insya Allah kejaiban akan datang tanpa Anda sadari dan di saat itu mungkin Anda akan terkagum-kagum dengan segala keajaiban yang Allah berikan kepada Anda.

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. Katakanlah (Muhammad), “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asmaul Husna).” (QS. Al-Israa’: 110) 

Diantara keutamaan dan hikmah dzikir Asmaul Husna yaitu: 

  1. “Qalbu berkarat karena dua hal yaitu lalai dan dosa. Dan pembersihnya pun dengan dua hal yaitu istighfar dan dzikrullah.” (HR. Ibnu Ab’id dun ya Al-Baihaqi)
  2. “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan dzikir hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d: 28)
  3. “Karena itu ingatlah kepadaKu, niscaya Aku akan ingat kepadamu” (Al-Baqarah: 152)
  4. “Maka apabila kamu telah selesai shalat, ingatlah Allah di waktu berdiri, duduk dan di kala berbaring.” (An-Nisaa’: 103)
  5. Dijelaskan pula dalam hadits: “Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus dikurangi satu. Barangsiapa menghafalkannya, akan masuk surga. Sesungguhnya itu witir (tidak genap). Dia menyukai witir itu.” (HR. Imam Baihaqi).
  6. “Saya meminta kepadaMu dengan perantara semua namaMu, yang Engkau gunakan untuk menamakan diriMu, atau yang Engkau turunkan dalam kitabMu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara makhlukMu, atau yang Engkau simpan dalam sebagai rahasia di sisiMu.” (HR. Ahmad, Ibn Hibban, dan dishahihkan Syua’aib Al-Arnauth)

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang baik, mulia serta agung sesuai dengan sifat yang dimilikiNya. Nama Allah ini berjumlah 99 nama yang masing-masing memiliki makna Maha indah. Keseluruhan nama agung tersebut merupakan kebesaran dan kekuasaan dari Allah swt, sebagai pencipta dan pemilihara alam semesta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar