Kamis, 19 Januari 2023

Manfaat Konsumsi Ayam Kampung Untuk Kesehatan



Dikatakan sebagai ayam kampung karena biasanya jenis ayam bukan ras ini banyak diternakkan di perkampungan secara tradisional. Dagingnya yang gurih dan minim lemak membuat ayam kampung banyak dicari untuk konsumsi keluarga dan berbagai macam acara hajatan. Selain itu telur ayam kampung juga terkenal mengandung banyak manfaat, dengan kuning telur berwarna orange yang ukurannya lebih besar daripada putih telurnya.

Berikut berbagai keuntungan konsumsi daging dan telur ayam kampung sehingga patut untuk diternakkan:

  • Lebih aman dengan kandungan toksin yang sedikit karena ayam kampung banyak diternakkan dengan sistem organik, tanpa obat-batan, dan tanpa makanan berbahan kimia berbahaya.
  • Gizi lebih tinggi karena ayam kampung dikembangkan secara natural, makanannya juga dijaga seperti jagung, beras, dan sayuran.
  • Ayam kampung memiliki sedikit lemak sehingga tidak menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit lainnya. Lemak yang sedikit ini aman untuk penderita kelebihan kolesterol, apalagi di dalam ayam kampung terdapat zat niasin yang bisa mengembalikan kolesterol pada tahap normal.
  • Memiliki protein dan kalsium yang tinggi sehingga mencukupi kebutuhan gizi anak sampai dewasa. Tingginya protein dan kalsium juga baik bagi masa pertumbuhan dan kesehatan tulang.
  • Rasa daging dan telur ayam kampung lebih gurih sehingga disukai semua usia. Hal ini bisa meningkatkan nafsu makan terutama bagi anak dan mereka yang dalam masa pemulihan setelah sakit.
  • Mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik bagi balita, anak-anak, dan penderita anemia/kurang darah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar